expr:class='"loading" + data:blog.mobileClass'>

Kamis, 16 Februari 2012

Public Relations

disini saya bakal ngulang materi yang dosen saya jelaskan tadi siang :)
sebelum saya lupa jadi saya tulis saja semua disini
barangkali bermanfaat :)

yang pertama sekali yang harus kita ketahui adalah "mengapa perlu adanya PR?"
baik, Public Relation atau sering disingkat PR diperlukan karena:

* masyarakat semakin kritis
Dewasa ini masyarakat semakin pintar dan kritis dalam berbagai hal, dengan pemikiran yang semakin berkembang mereka dapat langsung mengkritisi segala sesuatu yang terlihat janggal. tidak dipungkiri bahwa media massa lah yang sangat berperan dalam hal ini. masyarakat mengetahui segala infomasi melalui media massa, bisa melihat serta menilai segala fenomena yang ada.
dengan semakin kritisnya masyarakat dan semaraknya berbagai media, PR sangat diperlukan untuk membantu masyarakat agar terhindar dari kesimpang siuran informasi di sebuah perusahaan,lembaga atau institusi tertentu.

*persaingan yang ketat antar perusahaan
persaingan yang ketat antar suatu perusahaan menuntut sebuah perusahaan untuk menciptakan dan mempertahankan image yang baik.

*perkembangan teknologi dan komunikasi
masyarakat semakin pintar dengan teknologi yang semakin hari semakin canggih, tidak ada satu perusahaan pun di dunia ini yang tidak memiliki website, blog, atau bahkan jejaring sosial  seperti FB dan Twitter dsb.
semakin canggih teknologi, semakin mempermudah masyarakat dalam meng update berbagai informasi, tidak butuh waktu yang lama, dalam satu detik saja segala informasi dan berita bisa kita dapat hanya dalam genggaman.

*besarnya opini publik terhadap citra perusahaan
nah ini seperti kasus yang terjadi di Aceh sekarang, masyarakat Aceh menyebut sepeda motor dengan sebutan "honda" meskipun sepeda motor tersebut merknya bukan honda. bisa saja yamaha ataupun suzuki.
hal ini terjadi karena opini publik, semenjak pertama sekali sepeda motor tersebut di pasarkan di Aceh. kebanyakan masyarakat menggunakan merk tersebut karena pada saat itu anggapan masyarakat Aceh, kualitas honda lebih bagus daripada merk lainnya.

baiklah itu hanya sekedar pengantar yang diberikan oleh bu annisah dosen saya, tulisan ini adalah menurut pemahaman saya, mungkin agak sedikit sulit saya jabarkan dalam tulisan berhubung saya bingung dengan pemilihan kata yang tepat  karena saya juga masih dalam proses belajar menjadi seorang penulis. hehee

oke sekarang kita masuk ke definsi dari para ahli


  • The British Institute of PR
Public Relation adalah upaya yang sungguh-sungguh, terencana dan berkesinambungan untuk menciptakan & membina saling pengertian antar organisasi dengan publiknya
  • Frank Jefkin
PR terdiri dari segala bentuk komunikasi terencana baik ke dalam maupun keluar... lanjutannya saya ketinggalan nyatat. hehehe
  • Edward
  1. sebagai penerangan kepada masyarakat
  2. persuasi untuk mengubah perilaku masyarakat
  3. usaha untuk mengintegrasikan sikap & perbuatan oranganisasi dengan sikap dan perbuatan publik, atau sebaliknya.
selanjutnya . . .

Fungsi PR
upaya terencana & terorganisir dari sebuah perusahaan/ lembaga untuk menciptaan hubungan-hubungan yang saling bermanfaat dengan berbagai publik.
hubungan yang bermanfaat disini bisa juga disebut simbiosis mutualisme, dimana Publik dan perusahaan saling ketergantungan.
misalnya saja seperti iklan rokok yang menawarkan beasiswa kepada masyarakat. hal ini salling menguntungkan bagi kedua belah pihak. beasiswa tersebut kan hasil dari penjualan rokok yang dibeli oleh konsumen dan beasiswa tersebut diberikan kembali kepada masyarakat. meskipun  bukan kalangan perokok. disini dapat kita lihat bahwa dengan program yang seperti itu, dapat menaikkan citra perusahaan tersebut dimata publik walaupun merokok adalah hal yang tidak baik bagi kesehatan. 

Tugas PR
1.menyampaikan informasi baik secara lisan maupun tulisan.
hal ini sudah jelas, bahwa PR bertugas untuk menyampaikan informasi kepada publik baik secara lisan (mslny lewat konferensi pers, wawancara, dsb) atau tulisan (dalam media cetak).
2. mengawasi,merekam & mengevaluasi opini publik.
PR haruslah mengawasi setiap opini publik dan mengevaluasi tentunya, meskipun sebuah perusahaan itu telah mempunyai citra yang baik di mata publik, namun evaluasi tetaplah penting untuk mengetahui setiap perkembangan perusahaan tersebut. maka dari itu opini publik itu sangat lah perlu guna untuk mengetahui dimana keluhan-keluhan publik. 
3. menganalisa reaksi publik.
4. menyelenggarakan hubungan yang baik dengan masyarakat & media massa untuk mencapai Publik Favour (kesenangan bagi masyarakat), Public Opinion (opini publik), behavioral change (perubahan sikap).
media massa merupakan partner bagi PR dalam menjalankan tugasnya, karena tanpa media massa maka upaya yang ingin dicapai pasti tidak akan berjalan secara efektif dan komunikatif.

nah, kriteria/ kualikasi PR itu harus yang bagaimana sih?
menurut Frank Jefkin ada beberapa poin yang menjadi kriteria PR
- Ability to Communicate ( mampu berkomunikasi dengan baik) 
tentu nya kemampuan ini harus dimiliki agar apa yang ingin disampaikan dapat diterjemahkan oleh publik dengan baik. biasa nya untuk menjadi PR, harus pintar dalam memilih kata. kalau kata yang di ucap tidak bijak maka akan menimbulkan hal yang tidak diinginkan dan nantinya akan memeprkeruh situasi.
- Ability to Organize (mampu mengatur dinamisme dalam organisasi baik internal maupun eksternal)
bagaimana bisa menghandle publik, jika internal nya sudah tidak baik.
- Ability to get on with people
PR harus mampu menajdikan setiap orang relasi walau bagaimana pun penampilan atau latar belakang relasinya. selain itu PR juga haruslah bekerja sama dengan TIM , jika tidak mana mungkin kita dapat menangani segala sesuatu sendirian. kekompakkan dan solidaritas sangat dibutuhkan.
-Personality Integrity 
intergritas diri seperti kejujuran, ramah, pembawaan diri yang tenag ini sangat lah dibutuhkan untuk menjadi PR.
-Imagination/Creativity 
mempunyai kreatifitas yang tinggi . sudah jelas bahwa seorang PR mesti dan harus mempunyai kreatifitas yang tinggi untuk menyumbangkan pemikiran dan ide nya terhadap perusahaan. terlebih lagi jika perusahaan tersebut sedang mendapat goncangan. 

Fungsi dan tugas PR sangatlah bergantung pada kemampuan untuk berkomunikasi dengan baik dan efektif.
dan hal yang harus diperhatikan adalah:
<> jenis Publik (khalayak) 
kita tidak pernah tau siapa yang akan menajdi relasi kita, untuk itu bersikap baik dan ramahlah terhadap semua orang. karena memang seorang PR haruslah demikian. tidak pandang bulu istilah kerennya.
<> Susunan pesan yang tepat dan efektif
tentunya pemilihan kata haruslah diperhatikan, pilihan katanya haruslah efektif an mudah di ingat oleh orang lain. tidak perlu berbelit, singakat, jelas, dan mengenai sasaran. seperti itulah kira-kira.
<> Saluran yang digunakan adalah yang sesuai dngan sifat publik yang dituju.

okee, sekian saja dari saya, menurut apa yang saya pahami dan yang saya catat tadi
setelah saya menulis ulang bahan ini, baru lah muncul begitu banyak pertanyaan di kepala saya!
hohoho
kamis depan akan saya tanyakan kepada dosen saya, semoga saya ingat apa yang mau saya tanya
ahahahaha :D :D

disamping ada gambar seorang calon PR yaitu saya sendiri
semoga impian saya tercapai dan saya bisa menjadi PR yang mebawa perubahan yang lebih baik untuk negeri (ceilah)
amiiinin saja ya :D
mohon bantu doa biar beneran jadi PR yang sukses . hehehe

amin ya Rabb :)



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar